Kamis, 12 November 2020

Sudah Tahu Apa Saja Fungsi dan Cara Kerja Wiper?

Sudah Tahu Apa Saja Fungsi dan Cara Kerja Wiper?

Memiliki mobil baru tentunya amat membahagiakan karena sudah tidak perlu repot lagi untuk menggunakan transportasi umum ketika hendak bepergian. Baik mobil baru maupun mobil seken yang dibeli dengan skema cicilan mobil bekas yang murah, tentunya ada beberapa bagian penting terkait mobil yang harus selalu diperhatikan. Sebab dengan memahami betul fungsi dan cara kerja bagian-bagian setiap bagian mobil, Anda dapat membuat usia pakainya menjadi lebih tahan lama karena digunakan dengan yang benar. Salah satu bagian yang dimaksud adalah wiper atau pembersih kaca mobil. Meskipun terlihat sepele, namun keberadaan wiper ini ternyata sangat penting, lho. Maka dari itu simak lebih lanjut untuk tahu fungsi dan cara kerjanya:

Fungsi utama wiper

1. Membersihkan kaca mobil

Seperti yang sudah diketahui bersama, wiper memiliki fungsi utama untuk menyingkirkan objek yang berada di kaca depan. Objek-objek ini menyangkut berbagai hal seperti debu, air, serangga, maupun kotoran yang tidak sengaja menempel di kaca mobil. Dengan berfungsinya wiper ini, semua penghalang ataupun kotoran dapat dihilangkan dengan mudah, sehingga penglihatan pengemudi pun tidak terganggu.

2. Memperjauh jarak pandang

Fungsi lain dari wiper adalah membuat jarak pandang pengemudi menjadi lebih jauh. Pasalnya, dengan kondisi kaca depan yang bersih, Anda dapat melihat objek yang ada di depan dengan lebih jelas tanpa ada gangguan. Demikian pula dengan kaca belakang. Ketika wiper berfungsi dengan baik, Anda dapat mengetahui objek apa saja yang ada di belakang. Sehingga, ketika Anda akan melakukan manuver, contohnya adalah mundur, Anda tidak perlu khawatir ada objek yang akan Anda tabrak.

3. Menghilangkan water spot

Musim hujan merupakan musim yang dialami oleh semua wilayah di seluruh dunia. Kondisi ini tak jarang cukup menjengkelkan pengemudi karena kaca mobil menjadi lebih cepat kotor akibat air hujan. Tidak hanya itu, air hujan yang kotor dan mengering di kaca juga dapat meninggalkan bercak-bercak air yang membuat penglihatan pengemudi menjadi terganggu. Maka dari itu, penggunaan wiper sangatlah dibutuhkan ketika turunnya hujan.

Cara kerja wiper

Wiper mobil biasanya memiliki dua setelan, yaitu kecepatan tinggi atau high speed dan kecepatan lambat atau low speed. Keduanya memiliki fungsi tersendiri. Anda dapat menghidupkan wiper ketika merasa kaca depan maupun belakang mobil Anda sudah cukup kotor sehingga menghalangi pandangan. Dalam proses kerjanya, wiper dibantu oleh cairan yang disemprotkan oleh washer. Cairan ini merupakan cairan pembersih kaca yang memang diformulasikan khusus agar wiper dapat menghapus noda dan kotoran dari kaca dengan lebih cepat dan bersih. 

Nah, demikianlah fungsi dan cara kerja wiper mobil yang perlu Anda ketahui. Karena komponen ini cukup penting, usahakanlah untuk mengecek kinerja wiper setiap harinya agar kenyamanan dan keamanan pengendara dan juga penumpang terjamin. Semoga bermanfaat!

0 komentar:

Posting Komentar