Selasa, 16 November 2021

Waspadai, Ternyata Inilah Daftar Makanan Penyebab Diare


Ternyata faktor terbesar penyebab diare tak lain adalah konsumsi makanan sembarangan, bagaimanapun juga apa yang Kamu makan nantinya akan berdampak pada kesehatan, termasuk juga masalah yang terjadi pada sistem pencernaan. 

Pastinya banyak diantara Kamu yang sudah tidak asing lagi dengan diare bukan, penyakit yang menyerang sistem pencernaan, dimana penderitanya harus merasakan sakit perut dan buang air besar secara terus-menerus dengan kondisi feses yang cair.
 
Diare ini sering kali menyebabkan penderitanya mengalami dehidrasi, jika sudah sampai pada tahap ini tentunya harus diwaspadai, karena memang dehidrasi sendiri dampaknya bisa cukup fatal. Karena jika sampai terlambat dalam mendapatkan pertolongan seringkali diantara penderitanya yang meninggal dunia. 

Berbicara mengenai makanan penyebab diare ini sendiri ternyata memang ada begitu banyak dan memang sering kali tidak disadari memang sering dikonsumsi oleh masyarakat, berikut ini diantaranya, yaitu:
  1. Makanan pedas, cita rasa pedas pada masakan memang tidak dapat dipungkiri bisa meningkatkan nafsu makan. Namun tentunya konsumsi makanan pedas dalam jumlah banyak dan terlalu sering juga tidak baik. Mengingat kandungan capsaicin tersebut juga beresiko untuk mengiritasi lapisan lambung, sehingga menyebabkan diare, bahkan juga masalah pada lambung layaknya penyakit maag.

  2. Susu dan produk olahannya, tidak semua orang memang akan mengalami diare setelah mengkonsumsi susu maupun produk olahannya, namun kebanyakan memang demikian. Khususnya yang memiliki intoleransi terhadap protein susu atau laktosa. Karena tubuh tidak menghasilkan enzim yang dapat mencernanya, sehingga menyebabkan diare.

  3. Kopi, banyak orang yang suka minum kopi, apalagi efeknya yang bagus untuk meningkatkan detak jantung sehingga membuat Kamu bisa lebih semangat. Hanya saja konsumsi berlebih yaitu sekitar 2 hingga 3 cangkir setiap harinya beresiko untuk meningkatkan terkena penyakit diare ini.

  4. Makanan yang mengandung kafein, nyatanya bukan hanya kopi makanan yang mengandung kafein, melainkan masih banyak yang lainnya seperti halnya coklat dan juga teh hijau, mereka memang mengandung kafein tersembunyi yang pastinya kurang bagus bagi kesehatan pencernaan, karena berisiko sebabkan diare.

  5. Bawang, beberapa jenis bawang layaknya bawang putih maupun bawang bombay juga bisa meningkatkan resiko diare, karena mengandung fruktan, yaitu jenis karbohidrat yang susah dicerna oleh tubuh. Belum lagi zat tersebut juga mengandung serat tidak larut. Jadi nantinya makanan akan terlewati begitu saja pada sistem pencernaan.

  6. Brokoli hingga kembang kol, keduanya termasuk dalam jenis sayur silangan, dimana ia mengandung gas yang cukup tinggi, jadi bisa menyebabkan perut kembung sampai dengan diare, apalagi jika seandainya dikonsumsi secara berlebih, untuk itu sebaiknya batasi konsumsinya.

  7. Junkfood, makanan cepat saji kaya akan kandungan lemak jenuh atau lemak trans, dimana hal ini memang kurang baik bagi kesehatan. Dimana hal tersebut memang dapat memperburuk gejala diare yang Kamu alami.

  8. Alkohol, sejak dulu alkohol memang dikenal tidak baik bagi kesehatan, selain bisa menyebabkan resiko dehidrasi, sebenarnya minuman yang satu ini juga rentan menjadi penyebab terjadinya gangguan pencernaan.
Cermati dan sebaiknya hindari atau kurangi konsumsi makanan penyebab diare tersebut, apalagi bagi Kamu yang kerap mengalami gangguan pencernaan. Bagaimanapun hal tersebut cukup buruk karena membuat tubuh tidak mampu mencerna makanan dan memenuhi asupan nutrisinya secara tepat.

Untuk mengetahui nutrisi yang tepat bagi yang sedang mengalami diare saya bisa menyarankan kamu untuk membaca website Diarepedia yang lengkap membahas mengenai berbagai macam hal yang berkaitan dengan diare, salah satu contohnya seperti makanan untuk anak yang sedang diare, obat yang mampu mengobati diare seperti entrostop, bahan alami untuk obati diare dan masih banyak lagi.

Mungkin cukup sekian informasi yang bisa saya berikan pada artikel ini semoga informasi yang saya jelaskan diatas bermanfaat dan juga berguna bagi kamu semua, dan sampai jumpa lagi dilain kesempatan yang akan datang.

0 komentar:

Posting Komentar